klik iklan ku iaa ...!!!

Kamis, 03 Desember 2009

WEBCAM

WEBCAM



 webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang dihubungkan kekomputer melalui port USB ataupun port COM. Sebuah web kamera biasanya dilengkapi dengan software, software ini mengambil gambar-gambar dari kamera digital secara terus-menerus ataupun dalam interval waktu tertentu, dan menyiarkannya melalui koneksi internet. Sebuah web camera tidak harus terhubung dengan komputer, ada web camera yang memiliki software webcam dan web server bulit-in sehingga yang diperlukan hanyalah koneksi internet. Web kamera seperti ini dinamakan network kamera. Kita juga bisa menghindari penggunaan kabel dengan menggunakan hubungan radio, koneksi ethernet, dan WiFi.

  Penggunaan web camera mencakup video conferencing, internet dating, video messaging, home monitoring, images sharing, video interview, video phone-call, dan banyak hal lain. Kamera untuk video conference biasanya berbentuk kamera kecil yang terhubung langsung dengan komputer. Saat ini kamera untuk video conferencen sudah makin maju, sudah ada web camera yang di dalamnya terdapat mikrofon maupun noise cancellation untuk memfokuskan audio ke speaker yang terletak didepan kamera sehingga noise yang ada tidak mengganggu jalanya konferensi.
 
 Pada awalnya, bentuk webcam terbatas pada bentuk-bentuk standar yang hanya terdiri lensa dan papan sirkuit serta casing yang biasa. Namun seiring dengan perkembangan teknologi, bentuk webcam pun sudah semakin bervariasi dengan fitur-fitur yang makin canggih. Sekarang webcam yang ada dipasaran pada umumnya ada 2 tipe, web camera permanen (fixed) dan revolving web camera. Pada web camera pemanen terdapat pengapit untuk mengapit lensa standar di posisi yang diinginkan untuk menangkap gambar pengguna. Pada revolving web camera terdapat landasan dan lensa standar dipasang landasan tersebut sehingga dapat disesuaikan kesudut pandang yang terbaik untuk menangkap gambar pengguna.

 Ada beberapa permasalahan yang dihadapi web camera. Secara fisik, kamera-kamera yaang beredar dipasaran memiliki kesulitan untuk memenuhi kebutuhan personal penggunaan karena desainnya yang cukup bergaya, tetapi hanya memiliki sedikit variasi. Sudut pandang web kamera di sesuaikan tidak langsung dalam caa yang tidak nyaman. Penggunaan banyak menemui kesulitan ketika menyesuaikan posisi web camera untuk menangkap gambar. Permasalahan lainnya adalah sebiuah program yang dinamakan trojan horse, program ini memungkinkan hacker untuk mengaktifkan web camera tanpa sepengetahuan pengguna kamera. Sehingga hacker dapat mengambil gambar live video dari sang pengguna kamera. Untuk menaggulanginya, kamera-kamera dilengkapi penutup lensa ataupun lampu LED yang akan menyala jika kamera dalam keadaan aktif.
   
  Web camera juga digunakan pada saat e-mail untuk mengetahui dia yang sedang online dan untuk berkomunikasi.
Mendeskripsikan Fungsi E-mail sebagai Alat Komunikasi

A. Penggunaan Internet untuk Komunikasi (E-mail)

E-mail (electronic mail) merupakan salah satu fasilitas tertua dalam penggunaan internet. E-mail merupakan fasilitas internet yang paling banyak dimanfaatkan oleh pengguna. Setiap hari hampir jutaan pesan dikirimkan kesegala tujuan. Dengan adanya e-mail maka akan mempermudah orang dari seluruh penjuru dunia untuk saling berkomunikasi dalam waktu singkat.

Terdapat dua jenis layanan e-mail,yaitu.

1. E-mail yang berbasis web
 pada e-mail ini,seluruh aktivitas mengirim atau menerima e-mail yang disebut dengan web mail beberapa e-mail menyediakan layanan internet gratis,misalnya TelkomNet Mail,Yahoo Mail,Hotmail.
2. E-mail yang berbasis client
 Dibutuhkan sebuah perangkat lunak apabila akan menggunakan e-mail pada e-mail jenis ini,misalnya Eudora atau Microsoft Outlook. Fasilitas yang disediakan perangkat lunak tersebut, antara lain fasilitas untuk menulis dan mengolah e-mail tanpa harus terhubung dengan internet.

B. Fungsi E-mail sebagai Alat Komunikasi
 E-mail berasal dari kata electronic mail. E-mail atau surat elektronik adalah suatu cara untuk mengirimkan pesan dalam format data elektronik dari suatu komputer kekomputer lain .

 E-mail juga dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan ke luar negri. Dalam bidang bisnis,e-mail sudah digunakan untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting .

C. Menggunakan Alamat Tujuan dan Subjek untuk Membuat E-mail
 Yang perlu kita ketahui sebelum mengirim e-mail ke seseorang adalah alamat e-mail dari orang . alamat e-mail bersifat unik sehingga tidak mungkin dua orang yang berbeda memiliki alamat e-mail yang sama. Untuk membuat e-mail, kamu harus mendaftarkan diri ke penyedia layanan e-mail.



Terdapat banyak penyedia layanan e-mail,antara lain :
Yahoo,layanan dari yahoo! Yang beralamat di mail.yahoo.com
Gmail,layanan dari Google yang beralamat di mail.gmail.com
Hotmail,layanan dari Microsoft yang beralamat di www.hotmail.com
Plasa,layanan dari Telkom yang beralamat di www.plasa.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar