klik iklan ku iaa ...!!!

Kamis, 03 Desember 2009

Monitor & Keyboard

MONITOR

 Monitor adalah peranti komputer yang digunakan sebagai tampilan yang menunjukkan hasil kerja sebuah komputer. Monitor di gunakan untuk melihat proses kerja sehingga kita bisa mengetahui kebenaran atau kesalahan perintah yang kita masukkan. Monitor adalah sebuah layar yang ukurannya sama seperti ukuran televisi, yang didasarkan dari panjang diagonal dari area yang dapat dilihat.
 
 Ketajaman sebuah monitor dapat di ukur dari tingkat resolusinya. Ukuran resolusi ini ditentukan jumlah piksel ( picture element) yang merupakan titik terkecil penghasil tampilan layer. Semakin besar resolusi sebuah monitor, semakin bagus kualitas gambar atau tampilan monitor.

 Jenis -jenis Monitor 

 Monitor CRT

  Monitor CRT (cathode Ray Tube/tabungan sinar katoda) adalah monitor yang terbuat dari tabung hampa, sama halnya dengan monitor pada televisi. Hal ini menyebabkan monitor CRT memiliki ukuran yang lebih besar bila dibandingkan dengan monitor LCD. Monitor CRT mendominasi komputer pada generasi – generasi awal.

  Versi paling awal CRT adalah sebuah dioda katoda-dingin, sebuah modifikasi dari tabung crookes ( lihat sinar-X ) dengan layar dilapisi fosfor,kadangkala disebut dengan bruan. Versi pertama yang digunakan katoda panas dikembangkan oleh J.B. Johnson ( yang merupakan asal istilah noise johnson ) dan H.W. Weinhart dai western electric dan menjadi produk komersi pada 1922.

 Monitor LCD 

  tampilan kristal cair ( Liquid Crystal Display ) juga dikenal sebagai LCD adalah suatu jenis media tampilan yang menggunakan kristal cair sebagai penampik utama. LCD sudah digunakan di berbagai bidang, misalnya dalam alat-alat elektronik seperti televisi, kalkulator, dan layar komputer.

 Monitor TFT-LCD 

  Monitor TFT-LCD ( Thin Film Transistor-Liquid CrystalDisplay ) adalah varian LCD yang menggunakan teknologi TFT untuk meningkatkan kualitas gambarnya. TFT-LCD adalah salah satu tipe LCD active matrix, walaupun semua layar LCD berbasis active matrix. TFT-LCD digunakan pada layar televisi, monitor komputer, telepon seluler, personal digital assistant, sistem navigasi, dan proyektor.

 Selain monitor masih ada lagi perangkat pendukung central processing unit (CPU )


 KEYBOARD

  Keyboard adalah peranti untuk mengetik atau memasukan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer. Keyboard terdiri dari atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka,atau simbol yang tercetak diatasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya.

  Ada berbagai jenis tata letak tombol pada keyboard. Namun, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik. Untuk keyboard tipe baru, biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi ( F1,F2, dst.) yang berfungsi untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, keyboard baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.

 Selain monitor dan keyboard masih banyak lagi yang lainnya. Mereka sangat mendukung berjalannya komputer .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar